Sejarah Sekolah Tinggi Agama Islam H.M Lukman Edy Pekanbaru

Kehadiran STAI H.M Lukman Edy Pekanbaru pada awal berdirinya merupakan sekolah tinggi yang dikelola oleh Yayasan Laman Emas Riau Bangkit Pekanbaru dengan Akte Notaris Azman Yunus, SH. No. 32 Tahun 2009. STAI H.M Lukman Edy mulai beroperasi pada tanggal 10 Juni 2010. Ciri khusus STAI H.M Lukman Edy Pekanbaru ini dilatarbelakangi oleh semangat untuk membangun dan memajukan putra-putri terbaik bangsa baik di lingkungan Provinsi Riau khususnya, maupun putra-putri terbaik nusantara. Oleh karena itu, STAI H.M Lukman Edy Pekanbaru mengutamakan peningkatan Sumber Daya Insani (SDI) dari pada mencari keuntungan belaka.

STAI H.M Lukman Edy Pekanbaru berdiri dengan dua program studi yaitu Perbankan Syariah dan Hukum Keluarga/Ahwal Syakhsiyyah yang didirikan atas inisiatif  dari beberapa orang putra-putri Riau alumni mahasiswa dibeberapa perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Organisasi ini dinamakan Alumni Forum Komunikasi Ikatan Pelajar Mahasiswa Riau (FORKOM IPEMARI) se-Indonesia yang salah satu pendirinya adalah Bapak H.M Lukman Edy (Menteri Percepatan Daerah Tertinggal tahun 2009) dan beberapa unsur masyarakat, yang kemudian mendapat respon positif dari Pemerintah Daerah.

Program Studi Perbankan Syariah dan Hukum Keluarga/Ahwal Syakhsiyyah beroperasional berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Agama Islam No. DJ.I/374/2010. Berdasarkan izin tersebut, maka STAI H.M Lukman Edy Pekanbaru diberi wewenang untuk menyelenggarakan program studi Perbankan Syariah dan Hukum Keluarga/ Ahwal Syakhsiyyah. Izin Operasional itu diraih karena kegigihan yayasan. Izin operasional tersebut diberikan berdasarkan pertimbangan bahwa STAI H.M Lukman Edy Pekanbaru ini didirikan dalam rangka menciptakan tenafa professional dan terampil dalam bidang Ekonomi Islam mencakup manajemen Bisnis Islam, perbankan Islam dan Akuntansi Perbankan Islam serta Pelaksanaan Hukum-hukum Islam terutama dalam Hukum Keluarga yang sangat dibutuhkan di Indonesia.

Selanjutnya untuk mewujudkan Program Studi yang mandiri, maka diperlukan usaha serius untuk melengkapi berbagai persyaratan yang harus dipenuhi dalam pendirian perguruan tinggi baru. Bersamaan dengan itu, penyempurnaan kurikulum, sistem perkuliahan, pendistribusian mata kuliah dan berbagai aktivitas dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Program Studi Perbankan Syariah yang baru ini dibantu oleh Bapak Prof. Dr. Ahmad Mujahidin, M.Ag., Prof. Dr. Muhammad, M.Ag., dan Dr. Heri Sunandar, M.CL., M. Syahrial, M.Sh.Ec., Nurkhozin S. Hadi. MP., dan untuk Program Studi Hukum Keluarga/Ahwal Syakhsiyyah dibantu oleh Dr. Suryan Jamrah, MA., Afiq Budiawan, M.H.I., dan lain-lain.

Untuk pengembangan dan peningkatan mutu Program Studi, maka didatangkan dosen-dosen yang professional dan memiliki skill dalam berbagai disiplin ilmu Perbankan Syariah dan Hukum Keluarga/Ahwal Syakhsiyyah baik dari Pekanbaru maupun dari Jakarta. Hal ini dilakukan karena masih langkanya tenaga profesionla dan pakar dalam bidang keduanya.

Pada walnya Prodi Perbankan Syariah dan Hukum Keluarga/Ahwal Syakhsiyyah melakukan aktivitasnya di SMA Handayani Jalan Kapten Fadillah No. 1 Kec. Sail Pekanbaru. Kemudian, pindah ke Jalan Duyung No. 34 Tangkerang Barat, Pekanbaru. STAI H.M Lukman Edy Pekanbaru dalam waktu yang tidak terlalu lama, telah melengkapi berbagai sarana pendidikan yang menjadi syarat untuk menghasilkan tenaga professional dibidangnya.