LPPM

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) merupakan Lembaga yang mengakomodir pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

LPPM telah merumuskan visi yang hendak dicapai dari tahun 2016 s.d. 2035 yang menjadi agenda jangka panjang. Hal ini dituangkan dalam Renstra STAI H.M. Lukman Edy Pekanbaru 2016-2021.

  1. Untuk tahun 2016–2020 adalah: “Terwujudnya Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STAI H.M. Lukman Edy Pekanbaru Pekanbaru sebagai lembaga unggul dalam penelitian yang mengintegrasikan sains dan teknologi serta seni dengan nilai-nilai keislaman di Riau-Kepri pada tahun 2018.”
  2. Tahun 2021–2025: “Terwujudnya Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STAI H.M. Lukman Edy Pekanbaru Pekanbaru sebagai lembaga unggul dalam mengintegrasikan sains dan teknologi serta seni dengan nilai-nilai keislaman di Indonesia pada tahun 2025.”
  3. Tahun 2026–2030: “Terwujudnya Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STAI H.M. Lukman Edy Pekanbaru sebagai lembaga model dalam bidang penelitian integrasi keilmuan di Riau-Kepri 2030.”
  4. Tahun 2031-2035: “Terwujudnya Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STAI H.M. Lukman Edy Pekanbaru Pekanbaru sebagai lembaga model dalam bidang penelitian integrasi keilmuan di Indonesia tahun 2035.”

Rencana jangka panjang tersebut kemudian dijabarkan lagi dalam Roadmap penelitian serta agenda tahunan.

 

Kebijakan Dasar Penelitian

  1. Kebijakan penelitian STAI H.M. Lukman Edy Pekanbaru diatur dan dipublikasikan dalam Buku Panduan Mutu Penelitian dan Penerbitan yang telah disahkan dengan SK Ketua 22/SK/STAI-LE/II/2016. Penelitian diarahkan untuk mendorong secara konsisten penelitian dan pengembangan berbagai produk unggulan dan inovasi terbaru yang mempunyai potensi untuk dapat dikembangkan dan bersaing di tingkat Nasional.
  2. Dalam rangka menjabarkan Pedoman Mutu di atas, LPPM telah menyusun buku Buku P3 dan menetapkan Fokus/Tema Penelitian Tahunan sejalan dengan Visi dan Misi, yaitu: “Terwujudnya Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STAI H.M. Lukman Edy Pekanbaru sebagai lembaga model dalam bidang penelitian integrasi keilmuan di Indonesia tahun 2035.”
  3. Dalam melaksanakan penelitian STAI H.M. Lukman Edy Pekanbaru juga bekerjasama dengan lembaga lainnya, baik lembaga pemerintah maupun swasta. Dari lembaga pemerintah antara lain: Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, Pemerintah Provinsi dan Kementerian. Dari pihak swasta terdiri dari BUMN, perusahaan dan lembaga pendidikan yang telah menjalin kerjasama dengan STAI H.M. Lukman Edy Pekanbaru.
  4. Pendanaan penelitian di lingkungan STAI H.M. Lukman Edy Pekanbaru dibiayai dengan berbagai sumber dana atas dasar kerja sama dan atau atas biaya pribadi dosen.
  5. Setiap proposal yang disertai nama peneliti, baik di cover, RAB dan jadwal. Hal ini telah diatur dalam Buku P4 yang telah disusun oleh LPPM tahun 2016

 

Penanganan Plagiasi

Untuk menghindari terjadinya plagiasi dalam karya-karya dan penelitian dosen, di samping adanya Undang-undang No. 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 17 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggai, STAI H.M. Lukman Edy Pekanbaru juga mengatur hal ini dalam Kode Etik Dosen STAI H.M. Lukman Edy Pekanbaru. Selanjutnya, setiap dosen yang mengajukan proposal penelitian diwajibkan membuat surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai Rp. 6000,- bahwa penelitian tersebut adalah asli karyanya sendiri. Ini menunjukkan bahwa

  1. STAI H.M. Lukman Edy Pekanbaru sangat serius dalam menangani plagiarisme.
  2. Dalam rangka memelihara hak kekayaan intelektual bagi karya dan penelitian dosen maka STAI H.M. Lukman Edy Pekanbaru mempublikasikannya melalui jurnal ilmiah, buku teks, prosiding dan sebagainya yang diterbitkan oleh STAIle LPPM mengumumkan kepada seluruh dosen dan peneliti, baik melalui website STAI H.M. Lukman Edy Pekanbaru ataupun melalui surat resmi yang dikirimkan ke setiap Prodi, supaya memberikan naskah karya mereka ke LPPM untuk diterbitkan. Karya yang akan diterbitkan sebelumnya didaftarkan ke Perpustakaan Nasional untuk memperoleh ISBN.

 

Rencana dan Pelaksanaan Penelitian

Perencanaan penelitian dikoordinir oleh LPPM dan dituangkan dalam Roadmap dan Program Kerja.

Arah dan Fokus Kegiatan PkM

Secara umum kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengacu pada tujuan sekolah tinggi, yaitu untuk mengembangkan dan mensukseskan pembangunan menuju tercapainya masyarakat yang maju, adil dan sejahtera. Adapun tujuan khusus kegiatan pengabdian kepada masyarakat diarahkan pada:

  1. Mempercepat upaya peningkatan kemampuan sumber daya manusia sejalan dengan dinamika yang terjadi melalui lembaga pendidikan.
  2. Mempercepat upaya pengembangan masyarakat ke arah terbinanya masyarakat dinamis, berkemajuan, mandiri, dan bermoral.
  3. Meningkatkan kepedulian sivitas akademika kepada masyarakat.
  4. Mengembangkan dan menyebarluaskan hasil penelitian untuk pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan pengabdian tersebut tidak terlepas dari visi dan misi STAI H.M. Lukman Edy Pekanbaru. Dengan demikian, pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dalam rangka berpartisipasi aktif dalam membantu menyelesaikan masalah keagamaan, sosial budaya, ekonomi, politik, hukum, kesehatan dan lingkungan dalam lingkup lokal dan nasional dengan pendekatan integrasi Ilmu (sains) dan Islam. Hal ini telah dirumuskan dalam buku Pedoman Mutu Pengabdian Masyarakat yang telah disebutkan.

 

Jenis dan Rekam Jejak Kegiatan PkM

Jenis kegiatan PkM yang dilaksanakan STAI H.M. Lukman Edy Pekanbaru bervariasi, meliputi kegiatan pendidikan, penyuluhan masyarakat, pendampingan pemanfaatan teknologi, peningkatan keterampilan dan wawasan, berpartisipasi aktif dalam pengembangan seni budaya dan sebagainya. Masyarakat sasaran juga bervariasi, mencakup:

  1. Masyarakat pedesaan
  2. Masyarakat perkotaan
  3. Masyarakat industri
  4. Masyarakat marginal dan tertinggal
  5. Masyarakat daerah konflik dan perbatasan
  6. Masyarakat berkebutuhan khusus
  7. Masyarakat agama
  8. Masyarakat profesi
  9. Masyarakat sosial bermasalah
  10. Masyarakat korban bencana alam
  11. Masyarakat adat

Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat dilaksankan secara terstruktur dan terencana. Setiap dosen dibebankan melakukan PkM setara dengan Bobot 2 SKS per semester. Beban tersebut dituangkan dalam SK Beban Akademik Dosen Tetap STAI H.M. Lukman Edy Pekanbaru yang dikeluarkan Ketua setiap semester. Kegiatan tersebut wajib dilaporkan dalam Laporan Beban Kinerja Dosen (BKD) di akhir setiap semester.

Prosedur dan Mekanisme kegiatan PkM telah diatur dalam buku Pedoman Mutu Pengabdian Kepada Masyarakat. Rangkaian proses pengusulan, pelaksanaan dan pelaporan kegiatan PkM dilaksanakan sesuai dengan panduan yang tertuang dalam Petunjuk Teknis yang telah disusun oleh LPPM.